Menguak Misteri Penyebab Kematian Sulli Mantan Personil Girlband Korea F(x)

Korea Selatan, BeritaJava - Aktris dan Penyanyi Choi Jin Ri, dikenal dengan Sulli, dikabarkan meninggal dunia pada senja kemarin. Berdasarkan keterangan dari aparat kepolisian, penyebab kematiannya ialah bunuh diri.

Sulli debut semenjak berusia 11 tahun, memerankan sejumlah drama televisi dan bergabung dengan agensi SM Entertainment. Pada 2009, Ia bareng dengan 4 kawannya yaitu Amber, Victoria, Cyrstal Jung, dan Luna sama-sama debut sebagai girlband F(x) dengan lagu perdana "Lachata". Sejak ketika itu, nama Sulli terus meroket di dunia keartisan Korea Selatan.

Sampai kesudahannya Sulli menyimpulkan hengkang dari grup pada 2015, dengan dalil ingin konsentrasi di dunia seni peran.

mantan personil girlband korea F(x) Sulli meninggal / javaonline77

Sepanjang perjalanan karirnya, Sulli seakan tak lepas dari segala perkabaran dan komentar negatif semua netizen. Mulai dari situasi tubuhnya yang dibilang gemuk, pacarnya, hingga gaya busananya. Seakan-akan mereka tak sempat bahwa Sulli, insan dan pun masih berusia belia.

Bukannya tidak berupaya melawan komentar nyinyir netizen tersebut, Sulli justru berjuang bijak dan mempertimbangkan nasib si netizen bila diadukan ke aparat polisi.

Kabar soal meninggalnya Sulli dampak depresi yang menghantuinya pun diperkuat oleh tanggapan peminat di dunia sosial. Penggemar Sulli ramai-ramai memposting mengenai tindak tanduk Sulli belakangan, yang hingga menangis di instagram live dan berbicara kepada semua netizen. "Saya bukan orang yang jahat, katakan satu urusan saja mengenai saya (yang baik) sebab saya layak menerimanya."


Kondisi Sulli sebagai artis di Korea Selatan tidak jarang kali dituntut tampil sempurna, bagaimanapun rapuhnya situasi jiwa dia. Di sana, merundingkan kesehatan mental masih urusan yang tabu. Riset mengindikasikan dari 90% orang dengan gangguan kesehatan mental, melulu 15% yang mendapat perawatan semestinya.

Sebuah studi yang dilaksanakan sejak 2005 hingga 2009 oleh peneliti di Korea Selatan bahkan mempelajari permasalahan bunuh diri 13 artis yang terjadi sepanjang tahun tersebut. Hasilnya, mereka yang menggeluti profesi itu lebih rentan terkena depresi dan kemauan untuk bunuh diri. Metodenya juga rata-rata sama, yaitu memilih gantung diri.

Untuk Kpop Idol, desakan bahkan dibuka sejak mereka tetap berprofesi sebagai trainee atau sebelum debut ke dunia keartisan. Dalam fase ini mereka mesti berlatih paling keras, mengorbankan waktu muda mereka seluruh demi debut mereka. Perusahaan agensi investasi besar-besaran dalam urusan ini, sang artis dapat terikat kontrak yang mengikat mereka puluhan tahun.

SM Entertainment sendiri telah buka suara atas wafatnya Sulli, tetapi netizen masih menyayangkan sikap perusahaan yang seolah-olah tak belajar dari permasalahan terdahulu. Tahun 2017, SM pun kehilangan di antara artis berbakat mereka yaitu Jonghyun SHINee dampak bunuh diri.

Posting Komentar

0 Komentar