Pemprov DKI Pertimbangkan Pemberian Bantuan Uang Tunai


Jakarta, Media Java – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya sedang mempertimbangkan pemberian bantuan uang tunai kepada warga Ibu Kota yang terkena dampak pandemi virus corona (Covid-19). Saat ini sedang dikalkulasi ihwal besaran yang pantas diberikan kepada masyarakat kurang mampu.

“Ya nanti kita akan pertimbangkan (bantuan uang tunai). Memang ada juga masukan seperti itu. Sementara ini, apa yang dapat kami lakukan semaksimal yang kami berikan kami akan usahakan,” kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat 18 April 2020 malam.

Saat ini, Pemprov DKI hanya memberikan bantuan berupa beras 5 kg, sarden 2 kaleng kecil, minyak goreng 0,9 lt, biskuit 2 bungkus, masker kain 2 buah dan 2 sabun mandi 2.

Jenis bantuan seperti itu mendapat kritikan dari Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani. Dia meminta agar Pemprov mengganti menu makanan yang diberikan kepada warga miskin tersebut. Riza pun mengaku akan mengintruksikan Dinas Sosial sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang bertanggungjawab atas pemberian bantuan sosial itu untuk melakukan evaluasi.

“Kalau ada masukan dari masyarajat nanti kita akan evaluasi terkait bentuknya atau menunya seperti apa, nanti kita akan evaluasi,” ucapnya.

Politikus Partai Gerindra itu menyatakan Pemprov DKI akan berusaha agar bantuan yang diberikan dapat dimanaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat. Dirinya berharap para pengusaha turut membantu pemda dalam menyumbang sebagian rezekinya dalam bentuk donasi, untuk nantinya disalurkan kepada warga yang membutuhkan.

“Prinsipnya Pemprov DKI Jakarta akan memberikan bantuan semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan kita. Namun demikian kita membutuhkan partisipasi dari semua pihak, pihak swasta, dan yang tidak kalah penting adalah partisipasi dari masyarakat itu sendiri,” imbuhnya.

Posting Komentar

0 Komentar