Pernyataan Lengkap Presiden Jokowi Soal 2 Orang Positiv Corono di Indonesia

Presiden Joko Widodo - JAVAONLINE88
Jakarta, Media Java -  Kali pertamanya masalah Corona tersingkap di Indonesia. Ini dikatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam pertemuan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Presiden menjelaskan, virus corona atau Covid-19 sudah menjangkiti dua masyarakat di Indonesia semasing berumur 64 tahun serta 31 tahun yang dipastikan positif terinfeksi virus corona.

Baca juga : Menkes Terawan Menyambangi RSPI Sulianto Saroso

"Barusan pagi saya bisa laporan dari Pak Menkes jika ibu ini serta putrinya positif corona," tutur Jokowi di Istana, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Jokowi menjelaskan, masalah masuknya Virus Corona ke tanah air itu tersingkap sesudah ada laporan masyarakat negara Jepang dipastikan positif habis bertandang ke Indonesia. Pemerintah selanjutnya mencari siapapun yang kontak dengan WN Jepang itu.

Berikut pengakuan komplet Jokowi berkaitan virus Corona yang mulai masuk ke Indonesia.

Pernyataan Lengkap Presiden

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Pagi ini hari saya ingin bicara tentang virus corona. Semenjak awal kita ini serius serta ketat sekali ikuti protokol kesehatan dari WHO yang terkait dengan Corona dan bekerja bersama dengan perwakilan WHO di Jakarta. 

Saat ada masalah di Wuhan, Wubei, Tiongkok, kita menyiapkan mengevakuasi 238 WNI kita dengan mekanisme protokol yang ketat ke Natuna. Sesudah 14 hari kita cek hasilnya negatif serta kita kembalikan ke warga. 

Kita eksodus di kapal World Dream yang dekat Batam, Singapur yang sejumlah 188 dengan mekanisme protokol kesehatan yang ketat kita bawa serta ke Pulau Sebaru, kita pemantauan serta kita cek tiap hari. 

Semalam ada 69 orang crew kapal Diamond Princess kita eksodus dengan protokol yang ketat melalui Airport Kertajati di Propinsi Jawa Barat. Ini memperlihatkan kesungguhan pemerintah dalam tangani masalah yang ada terkait virus Corona. 

Kita menjaga 135 pintu masuk ke nagara kita baik barat, laut, udara. Semua dijaga erat walau dalam praktiknya ini tidak utuh sebab ngecek dengan thermal scanner terkadang keakuratannya pun tidak dapat ditanggung 100 %. 

Oleh karenanya, demikian ada info jika orang Jepang yang ke Indonesia selanjutnya tinggal di Malaysia serta dilihat disana positif Corona, team dari Indonesia langsung susuri. 

Orang Jepang ke Indonesia bertamu ke siapa, berjumpa siapa dijelajahi serta bertemu. Nyatanya orang yang terserang virus Corona terkait dengan dua orang, ibu 64 tahun serta putrinya 31 tahun. Cek team kita nyatanya tempat yang sakit. Dilihat serta barusan pagi saya bisa laporan dari Pak Menkes jika ibu ini serta putrinya positif Corona. 

Tetapi butuh saya berikan jika semenjak awal pemerintah betul-betul menyiapkan. 

Persiapan rumah sakit lebih dari 100 dengan ruangan isolasi dengan standard isolasi yang baik. Kita punya perlengkapan yang ideal standard internasional. Kita punya reagen yang cukup. Kita punya team kombinasi TNI-Polri sipil dalam perlakuan ini. 

Kita punya SOP (Standard Operational Procedur) yang standarnya sama juga dengan standard internasional yang ada. Kita punya budget serta telah diutamakan. Sebab jika tidak serius, ini benar-benar beresiko sebab penyakit ini butuh kita cermati. 

Ibu itu di Indonesia. Telah di dalam rumah sakit. Saya berikan Jika yang Jepang berjumpa dengan anaknya ibu yang usia 31 tahun serta ibunya 64 tahun itu berada di Indonesia. 

Posting Komentar

0 Komentar