Hercules TNI Jemput Tes Kit Corona di China


Jakarta, Media Java - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayor Jendral (Mayjen) Sisriadi menjelaskan penjemputan alat kesehatan (alkes) untuk perlakuan Virus Corona dari China akan dikerjakan faksinya dengan memakai pesawat Hercules C-130.

"Saat ini pesawat C-130 serta kru telah siap," katanya lewat pesan tercatat, Jumat (20/3).

Setelah itu, Sisriadi menjelaskan pesawat itu diperkirakan pergi tanggal 21 Maret 2020 dengan jumlahnya crew 18 orang.

"Pergi tanggal 21 (Maret), serta masih menanti konfirmasi," imbuhnya.

"Standar, tujuannya ada cabin kru serta handling kru. Totalnya ada 18 orang," tambah Sisriadi.

Satu hari awalnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto minta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto untuk sediakan pesawat buat ambil alkes di Shanghai, China yang nanti dipakai di Indonesia untuk mengatasi Covid-19.

Keinginan Prabowo dituangkan dalam Surat Menteri Pertahanan bernomor B/667/M/III/2020 yang diperuntukkan langsung pada Panglima TNI.

"Minta Panglima TNI bisa memberi suport pesawat terbang dalam rencana pemungutan alat kesehatan yang ada di Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok," bunyi surat yang diterima CNNIndonesia.com serta ditanda-tangani langsung oleh Prabowo.

Baca juga : Kemkominfo Terapkan 11 langkah untuk Menangani Penyebaran Covid-19

Dalam surat itu diterangkan beberapa alat kesehatan yang ingin diambil dari China. Salah satunya, disposable mask, masker N-95, protective clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, serta surgical caps.

Dahnil Anzhar Simanjuntak, Staff Spesial Kementerian Pertahanan Bagian Komunikasi Publik Kemenhan, menjelaskan pemakaian pesawat TNI diperhitungkan untuk memudahkan proses birokrasi di antara ke-2 negara.

"Supaya memudahkan proses G to G serta cepat dibanding memakai sarana lain," kata Dahnil, Kamis (19/3).

Posting Komentar

0 Komentar