Kemkominfo Terapkan 11 langkah untuk Menangani Penyebaran Covid-19


Jakarta, Media Java - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) ambil 11 langkah kebijaksanaan serta pekerjaan dalam service telekomunikasi serta penyiaran untuk menangani penyebaran Covid-19 (virus Corona). Ini dikatakan oleh Menkominfo, Johnny G. Plate, di kantor Kemkominfo, Kamis (19/3/2020).

Berikut rangkuman 11 langkah tersebut:


1. Kemkominfo sudah bekerjasama dengan operator telekomunikasi jika akses data situs sah pemerintah Indonesia mengenai Covid-19 https://www.covid19.go.id/ digratiskan diawali per tanggal 23 Maret 2020. Konsumen setia tidak dikenai paket saat terhubung situs itu.

2. Kemkominfo menerapkan dengan efisien protokol info publik perlakuan wabah Covid-19 yang sudah diputuskan pemerintah. Suport ini berbentuk penyediaan kanal info buat Tubuh Nasional Penanggulangan Musibah (BNPB) serta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam menyebarluaskan info perlakuan wabah Covid-19.

Baca juga : Imam Besar: yang tidak Shalat Jumat tingkatkan ibadah di rumah

3. Kanal info yang telah aktif diantaranya SMS blast dengan sender BNPB lewat operator mobile, Call center 119, serta Public Service Announcement (PSA) oleh instansi penyiaran publik serta swasta, baik radio atau tv dan info yang disiapkan oleh Penyuplai Service Akses Internet (ISP), serta penyuplai layanan media online berbentuk spanduk online.

4. Kemkominfo sudah memutuskan nomor service genting 117 bebas pulsa yang dengan exclusive dipakai oleh BNPB, serta minta operator telekomunikasi buka koneksinya selekasnya kemungkinan.

5. Kemkominfo bekerja bersama dengan WhatsApp serta Telkom Grup membuat chatbot WhatsApp yang dapat dibuka publik dengan nama account: covid19.go.id. Nomor chatbot itu ialah +62811-333-99-000.


6. Publik bisa berhubungan dengan account chat sah pemerintah itu untuk mendapatkan info dengan interaktif lewat chatbot, yang isinya disiapkan oleh BNPB serta Kemenkes. Publikasi account chat sah ini akan dikerjakan lewat instansi penyiaran, SMS blast, spanduk pada media online serta flyers.

7. WhatsApp juga memiliki komitmen memberi kebijaksanaan spesial buat Indonesia agar bisa mengalirkan pesan WhatsApp blast berkaitan wabah Covid19. Kemkominfo akan sediakan form buat publik yang bersedia terima pesan blast pada account WhatsApp-nya.

Whatsapp cuma memberi kebijaksanaan ini dengan mewah pada dua negara, yaitu Indonesia serta Singapura.

8. Chatbot serta pesan blast pada WhatsApp diinginkan telah live trial mulai Jumat, 20 Maret 2020.

9. Kemkominfo memberikan instruksi pada operator telekomunikasi serta penyuplai basis digital untuk:

10. Disamping itu, dalam rencana pastikan kualitas service telekomunikasi yang baik, team Ditjen PPI selalu lakukan pengukuran kualitas service (Quality of Service/QoS) di daerah-daerah pemukiman. Pengukuran yang sudah dikerjakan memberikan hasil yang baik.

Team akan dengan berkepanjangan bekerjasama dengan operator telekomunikasi. Jika ditemukenali terdapatnya service telekomunikasi yang kurang baik di ruang khusus akan selekasnya diusahakan aksi optimisasi.

11. Berdasar laporan dari operator mobile, s/d sekarang ada lonjakan lalu lintas di ruang pemukiman rata-rata sebesar 5 - 10 % dari keadaan normal.

Jika terus berlangsung lonjakan lalu lintas, operator akan lakukan menambahkan kemampuan pada semasing Base Transceiver Station (BTS), apabila dibutuhkan operator mobile akan mengerahkan Mobile BTS untuk layani beberapa daerah yang over loaded.

Posting Komentar

0 Komentar