Menlu Retno Marsudi Melepas Tim Untuk Evaskuasi WNI di Kapal Pesiar Diamond Princess

WNI Kru Kapal Princes Diamond - JAVAONLINE88
Jakarta, Media Java -  Pemerintah RI memberangkatkan team untuk menjemput 68 masyarakat negara Indonesia (WNI) yang ada di Kapal Pesiar Diamond Princess di Yokohama Jepang. Team diberangkatkan dari lapangan terbang Soekarno Hatta ke arah Jepang, Jumat (28/2/2020).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, yang ikut melepas 23 orang dalam team itu mengharap pekerjaan evakuasi berjalan mulus.

Baca juga : Rastafari Horongbala Resmi Menjadi Pelatih Amartha Hangtuah

"Untuk yang menjemput, saya ingin mengemukakan pekerjaan ibu serta bapak ialah pekerjaan kemanusiaan yang mulia. Kita mengaplikasikan protokol kesehatan dengan disiplin. Jaga orang serta diri sendiri,” sebut Retno di Lapangan terbang Soetta, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Retno menerangkan, nanti pesawat Garuda akan tempuh perjalanan langsung, serta datang di Lapangan terbang, Haneda Tokyo pada sore hari ini, serta akan kembali bersama dengan 68 WNI ke Jakarta pada tanggal 1 Maret 2020.

"Selamat bekerja pada team, Bismillahirrahmanirrahim. Mudah-mudahan semua lancar. Ibu/bapak dikasih kemampuan, keringanan dikasih kesehatan serta keselamatan,” sebut Retno.

Situs princess.com menyebutkan kapal pesiar Diamond Princess didapati bawa keseluruhan 3.711 orang dari beberapa negara. Terdiri atas 2.666 penumpang serta 1.045 awak -- 78 salah satunya WNI.

Sampai Jumat (21/2/2020), 634 penumpang dikatakan positif Virus Corona COVID-19, 4 crew WNI masuk juga dalam daftar itu. Sesaat bekasnya, ikuti proses turun kapal yang dikerjakan dengan setahap. Direncanakan memerlukan waktu sampai tiga hari.

Kloter pertama turunkan seputar 500 orang yang negatif virus COVID-19. Beberapa ratus yang lain mengejar.

Beberapa negara mulai mengevakuasi masyarakatnya dari kapal Diamond Princess. Selama ini telah ada 7 negara, salah satunya Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Kanada, Italia, Hong Kong, serta Israel.

Indonesia mengatakan siap untuk lakukan proses evakuasi WNI yang disebut crew dari kapal pesiar itu.

Pemerintah Amerika pada akhirnya menjemput beberapa masyarakatnya dari kapal pesiar Diamond Princes di Jepang. Beberapa penumpang kapal pesiar itu terkonfirmasi terjangkit virus corona.

Posting Komentar

0 Komentar