Final Piala Gubernur Jatim: The Jakmania Dilarang Hadir Pada Laga FInal Demi Keamanan


Jakarta, Media Java - Barisan supporter Persija Jakarta, The Jakmania, dilarang ada pada final Piala Gubernur Jawa timur 2020 waktu menantang Persebaya Surabaya bila final diadakan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (21/2).

Sekretaris PSSI Pemprov Jawa timur, Amir Burhannudin, menjelaskan sampai sekarang status final Piala Gubernur Jawa timur 2020 belum 100 % tentu mengejar benturan supporter mendekati semi-final Persebaya Surabaya versus Arema FC.

Sesuai dengan gagasan awal bila Persebaya maju ke final, karena itu laga diadakan di Stadion GBT. Begitupun bila Arema yang menang di semi-final karena itu laga dapat diadakan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. 

"Hasilnya yang selamat Persebaya akan berjumpa dengan Persija. Jika didasarkan rapat pengaturan penyelamatan, karena itu final di GBT dengan supporter pada 20 Februari 2020, kickoff jam 19.00 WIB," sebut Amir.

Persebaya menaklukkan Arema FC di semi-final Piala Gubernur Jawa timur 2020. (ANTARA FOTO/Irfan Anshori) Selanjutnya Amir menjelaskan bila final diadakan di Stadion GBT karena itu supporter Persija, The Jak Mania, dinyatakan dilarang ada. Hal tersebut untuk menghindarkan benturan antar-suporter. PSSI Jawa timur tidak ingin ambil efek serta pilih ikuti ketentuan persaingan liga.

"Statusnya [sama] dengan liga sah. Saat laga sepak bola suporternya memiliki persaingan tinggi, persetujuan berlaku. Saat di kandang Persebaya, The Jak tidak ada ke stadion [GBT]," tutur Amir.

Faksi Pemprov Jawa timur serta Kepolisian sampai sekarang belum tentukan status final Piala Gubernur Jawa timur 2020. Amir menjelaskan semua tergantung pada ketetapan rakor di Mapolda Jawa timur ini hari. Rakor itu sekaligus juga jadi pelajari bersama dengan pasca-bentrok di Kota Blitar.

"Bisa [batal]. Loyalitas kami [PSSI Jatim] mengakhiri kompetisi ini. Terkecuali Bu Gubernur [Khofifah Indar Parawansa] atau Kapolda menginginkan lain. Setelah itu akan ada pelajari bersama dengan faksi keamanan, dengan faksi Pemprov Jawa timur," sebut Amir.

Baca juga : Suku Kamoro Timika Menghibahkan Tanah Kepada TNI

Posting Komentar

0 Komentar