Indonesia Mendapat Pujian dari Negara Lain dalam Penanganan virus Corona


Jakarta, Media Java - Badan Intelijen Negara (BIN) mengatakan usaha pemerintah dalam perlakuan virus Corona cukup sukses. Serta, perlakuan pemerintah dalam evakuasi WNI dari Wuhan serta pengamatan di Natuna banyak mendapatkan pujian dari negara lain.

"Saat beberapa masyarakat negara kita yang dipulangkan dari Wuhan, pengamatan di Natuna itu sebenarnya sukses. Sebab tidak ada penebaran infeksi yang berlangsung, serta mereka telah dikerjakan pengamatan sepanjang 14 hari, mereka telah dikembalikan ke keluarga semasing tanpa dampak lanjutannya. Serta ini dipuji oleh beberapa negara, jadi satu skema yang bagus," kata Deputi V BIN Afini Boer di Little League, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (13/3/2020).

Perlakuan WNI ABK World Dream dan Diamond Princess dinilai cukup sukses. Afini juga memperbandingkan perlakuan yang dikerjakan negara lain pada penumpang kapal itu yang malah membuatnya jadi pusat penebaran baru.

"Termasuk di Pulau Sebaru itu sukses, tidak ada penebaran. Sesaat beberapa negara yang ambil masyarakat negaranya dari kapal Diamond Princess itu berlangsung pusat penebaran baru, infeksi baru, jadi episentrum baru di negara lain, seperti di Amerika serta beberapa negara yang lain. Jadi kita sebenarnya cukup sukses serta dipuji dalam mengatasi ini," tutur Afini.

Berkaitan perlakuan wabah virus Corona, menurut Afini dapat dikerjakan penetapan daerah serta usaha mitigasi. Hal tersebut dikerjakan untuk menahan penebaran virus Corona makin meluas.

"Pertama, containment. Kita batasi satu daerah. Dikerjakan isolasi atau dapat berbentuk self isolation. Lantas ada kontak tracing, selanjutnya restriksi perjalanan, kita awasi. Jika kalau infeksi telah alami penurunan baru kita kerjakan mitigasi. Mitigasi hingga berlangsung penurunan," jelas Afini.

"Combine approach yang perlu kita kerjakan di antara containment serta mitigasi. Containment dikerjakan saat yang terinfeksi masih sedikit. Jika telah ditangani baru kita kerjakan mitigasi," sambungnya.

Posting Komentar

0 Komentar