Nadiem Ingin Bahasa Indonesia Bisa Jadi Pengantar Oleh Asia Tenggara


Jakarta, Media Java - Menteri Pendidikan serta Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim membidik bahasa Indonesia jadi bahasa pengantar atau lingua franca di Asia Tenggara. 

Nadiem menjelaskan sasaran itu sudah masuk dalam gagasan di Tubuh Peningkatan serta Pembinaan Bahasa Kemendikbud. Sekarang Kemendikbud masih memahami strategi-strategi untuk sampai arah itu. 

"Tidak tahu apa ini dapat terwujud, tetapi kita harus memiliki mimpi yang besar," kata Nadiem dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI bersama dengan Kemendikbud di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (20/2). 

Nadiem akui belum dapat memaparkan detil gagasan itu. Karena bahasan masih bersambung. Ia menjanjikan untuk menerangkan hal tersebut dalam tempo dekat. 

Menurut Nadiem, memerlukan terobosan pengembangan supaya bahasa Indonesia dapat diterima di Asia Tenggara. Bahasa Indonesia, katanya, harus dapat menyesuaikan dengan beberapa kultur di Asia Tenggara

Bekas Bos Gojek itu katakan, mimpi besar ini memungkinkan dikerjakan oleh Indonesia. Bila terjadi, kata Nadiem, ini dapat mengusung martabat Indonesia di mata internasional. 

"Dengan negara sebesar ini, menurut kami adalah satu hal yang benar-benar menarik serta penting jadikan Indonesia negara yang lebih penting di panggung dunia, lebih penting di Asia Tenggara," katanya. 

Katanya, tidak cuma pemimpin dari bagian ekonomi saja, dan juga dari bagian budaya serta bagian bahasa. 

Baca juga : Artis Sinetron Aulia Farhan Diamankan Polisi Saat Berpesta Sabu di Hotel

Posting Komentar

0 Komentar